Agen Pos, Bisnis Nyata dengan Modal Kecil

Dengan modal yang relatif kecil, resiko bisnis relatif ringan dan tidak perlu repot membangun jaringan, menjadi agen pos patut dicoba.  Peluang bisnis yang menjadi perpanjangan tangan PT Pos Indonesia ini jika fokus menjalankannya akan bisa menghasilkan omzet jutaan perbulan.

Latar Belakang

Sebelum melakukan ekspansi, PT Pos Indonesia sempat mengalami keterpurukan.  Karena masyarakat lebih memilih teknologi, seperti email dan sms, maka jumlah jasa layanan surat-menyurat menjadi merosot tajam.

Sehingga dari kondisi itu,  dianalisa bahwa PT Pos  Indonesia memiliki tiga core bisnis yaitu pengiriman surat dan paket, jasa logistic dan jasa keuangan. Tiga core inilah yang nantinya akan dioptimalkan untuk mengubah keadaan.

Buka Peluang Bisnis

PT Pos Indonesia sadar bahwa jika ingin mendapatkan tambahan pendapatan, sebuah perusahaan harus menambah jalur distribusi berdasarkan teori di buku-buku keuangan.

Berangkat dari hal itu, maka pihak managemen memiliki ide untuk merangkul masyarakat dengan memberikan peluang usaha untuk memperluas jaringan PT Pos, yaitu dengan cara PT Pos membuka kesempatan bagi masyarakat yang tertarik untuk menjadi agen.

Mekanisme untuk menjadi agen sebenarnya tidak terlalu sulit. Bagi yang berminat untuk menjadi agen, cukup mendatangi PT Pos untuk mendaftar menjadi agen pos.  Kemudian PT Pos akan melakukan survey kelayakan sebelum akhirnya memberikan persetujuan secara tertulis kepada calon agen pos.

Bicara masalah modal, sebenarnya modal yang diperlukan tidak terlalu besar untuk menjadi agen pos. dalam hal ini yang harus disiapkan adalah meja, kursi, komputer, mesin timbangan serta berbagai alat promosi lainnya. Logo PT Pos Indonesia berhak digunakan oleh agen pos.

Untuk menjadi agen pos, PT Pos menawarkan tiga pilihan paket agen pos, yaitu agen produk jasa keuangan, agen surat dan paket dan agen untuk gabungan keduanya. PT Pos akan membantu memberikan gambaran bahwa daerah yang dipilih oleh agen pos cocok untuk paket yang mana.

Dari situ, selanjutnya akan dilakukan pelatihan seputar product knowledge. Pengawasan selalu dilakukan oleh PT Pos berdasarkan wilayah agen pos berada.

Sistem deposit diberlakukan pada produk jasa keuangan untuk menghindari agen-agen nakal.

Radius layanan dan penentuan lokasi agen pos sebenarnya sudah ditentukan yaitu seharusnya berjarak radius 250 meter, namun hal ini fleksibel sesuai dengan kondisi lapangan.

Pembagian Keuntungan

Secara garis besar, pembagian keuntungan antara agen pos dan PT Pos, untuk jasa surat adalah fee sebesar 20% yang sifatnya progresif.

Hal ini sangat berpengaruh pada jumlah transaksi. Semakin banyak transaksi, maka akan semakin besar juga persentase yang diberikan.

Lokasi juga sangat menentukan jumlah transaksi, makanya agen pos biasanya dekat dengan lokasi-lokasi ramai seperti kawasan sekolah dan kampus, kawasan bisnis maupun daerah wisata.

Comments

  1. pospay says:

    Maju Terus PT Pos Indonesia…
    Masyarakat Lebih memilih PT Pos dari pada PPOB Lain… Pasti itu.

    Coba Dech | pospay

Speak Your Mind

*