Bisnis Laundry Rumahan

Bisnis laundry rumahan adalah salah satu bisnis di bidang jasa yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tanpa harus meninggalkan keluarga. Bila yang lain menggunakan kantor sebagai ladang untuk mencari uang, maka ibu rumah tangga pun tak mau ketinggalan.
Mereka juga bisa menjadikan rumah sebagai tempat untuk mencari uang, dan salah satunya adalah dengan menyediakan jasa laundry. Mengapa memilih bisnis tersebut?

  • Pertama, ibu rumah tangga biasanya sudah sangat familiar dengan kegiatan mencuci dan setrika. Kalaupun awalnya, si ibu belum ahli, tapi dari pengalaman sehari- hari, si ibu bisa menjadi ahli. Lalu, mengapa tak dibagi, apalagi bila hal tersebut bisa menambah pundi- pundit keuangan keluarga.
  • Kedua, tentu saja karena bisnis ini dilakukan di rumah, maka si ibu tak perlu khawatir meninggalkan keluarga.
  • Ketiga, disadari atau tidak, mobilitas yang semakin tinggi membuat orang- orang golongan tertentu (karyawan dengan jadwal super sibuk) tidak bisa mengurusi diri sendiri. Mengapa situasi tersebut tak dimanfaatkan.
  • Keempat, bisnis laundry rumahan bisa dikategorikan minim modal. Hanya dengan bermodalkan mesin cuci pribadi ditambah setrika serta tak perlu sewa ruko atau rumah kosong, si ibu bisa menghasilkan uang tambahan.

Namun demikian, bukan berarti bisnis tersebut tak memiliki hambatan atau lebih tepatnya tantangan. Hambatan tersebut sebenarnya berasal dari faktor internal, seperti misalnya si ibu malu dengan usaha “mencucikan baju dan pakaian orang lain”. Alih- alih gengsi membuat si ibu menafikan keuntungan besar yang mungkin diraup dari bisnis yang tidak terlalu keren tersebut. Masalah lain, yaitu tenaga. Pada awalnya, mungkin si ibu masih kuat dengan satu atau dua klien. Namun, ketika klien bertambah, si ibu akan kewalahan sendiri. Belum mengurusi punya keluarga, sudah repot dengan urusan orang lain. Kedua masalah tersebut bila dirangkum sebenarnya hanyalah masalah sudut pandang dan manajemen waktu. Coba sudut pandang diubah lebih positif. Pun dengan manajemen waktu yang mungkin bisa dirapikan lagi dengan bantuan asisten. Bila sudah berhasil meyakinkan diri, tak ada salahnya segera menjalankan bisnis laundry rumahan.

Speak Your Mind

*