Cara Membuka Usaha Kuliner Modal Kecil

Usaha kuliner adalah objek bisnis yang paling banyak diminati orang mengingat makanan adalah kebutuhan manusia yang paling mendasar dan habis sekali pakai. Selain itu usaha kuliner bisa dimulai dengan modal yang relatif minim. Dan pembayaran yang diterima dari pelanggan pun kontan atau kas. Mengingat beberapa pertimbangan di atas, sebagian besar orang berlomba-lomba ingin menekuni sektor bisnis yang cukup menjanjikan ini.

Setiap hari ada saja usaha kuliner baru yang muncul dan siap bersaing di bisnis ini. Masing-masing pun menonjolkan ciri khas makanannya.Dari usaha yang dimulai dari modal yang relatif kecil maupun perusahaan yang dibangun dengan modal milyaran rupiah. Ada yang membuka outlet donat, roti,siomay, soto mie, martabak, sate padang, gado-gado, ayam goreng, pisang goreng dengan berbagai variasi rasa. Ada juga yang berdagang keliling sambil menjajakan dagangannya misalnya berdagang roti, bakso, gorengan dan lain-lain.

Salah satu jenis dari usaha kuliner yang tidak kalah menariknya adalah  katering. Prospeknya bisnis katering lumayan bagus karena di Indonesia masih cukup besarnya pangsa pasar yang tersedia.
Modal awal bisnis ini adalah komitmen dan tanggung jawab.Jika Anda punya kedua hal di atas, jangan ragu untuk memulai peluang usaha yang satu ini.

 

Berapa macam jenis katering yang bisa Anda pilih yaitu :

1.Katering pesta, adalah katering yang khusus melayani untuk acara pesta misalnya pesta perkawinan, pesta ulang tahun, seminar dan sebagainya.
2.Katering yang khusus melayani makanan untuk pegawai perkantoran.
3.Katering yang khusus melayani makanan untuk karyawan pabrik.
4.Katering yang khusus melayani kebutuhan makanan untuk anak-anak kos.
5.Katering yang khusus melayani kebutuhan makan rumah tangga.

Langkah-langkah yang diperlukan untuk memulai usaha kuliner dengan modal kecil misalnya dalam bentuk katering :
1.Tentukan lokasi/tempat usaha.
Memulai usaha katering bisa dilakukan mulai dari rumah terlebih dahulu. Jika usaha mengalami peningkatan tentu Anda bisa mencari tempat yang lebih besar.
2.Menyiapkan semua peralatan memasak dan peralatan makan. Jika Anda memilih untuk melayani katering pesta maka Anda perlu menyiapkan peralatan makan seperti piring, mangkok, gelas dan lain-lain. Tetapi jika Anda terbatas dalam hal modal, Anda bisa juga menyewanya peralatan makan tersebut. Untuk Anda yang memilih katering yang melayani kebutuhan makanan untuk rumah tangga, pabrik, perkantoran dan kos kosan Anda perlu menyediakan rantang-rantang khusus untuk wadah makan yang berfungsi sebagai piring.
3.Siapkan menu yang relatif menarik
Variasi menu yang menarik adalah aset yang berharga untuk kemajuan usaha ini.
4.Mempertahankan rasa yang diinginkan.
Sebaiknya Anda menentukan standart rasa supaya rasa tidak berubah-ubah setiap waktu misalnya terkadang keasinan atau kemanisan.
5.Menerapkan harga yang bersaing.
6.Menjaga penampilan dan kebersihan makanan maupun kebersihan tempat usaha secara menyeluruh.
7.Menjaga kualitas bahan baku.
Pilihlah bahan baku yang berkualitas untuk usaha Anda untuk mendapatkan rasa yang lebih maksimal
8.Tenaga kerja. Bila usaha mengalami perkembangan Anda perlu memperkerjakan beberapa karyawan untuk membantu Anda dalam berbelanja, memasak bahkan mencuci piring. Semakin besar usaha Anda, maka  Anda akan memerlukan tenaga kerja lebih banyak lagi.

Dalam perjalanannya segala usaha apapun membutuhkan kegigihan dan motivasi dalam mengembangkannya. Sikap ramah terhadap pelanggan pun merupakan kunci untuk kemajuan  setiap usaha termasuk dalam usaha kuliner yang bermodal kecil  ini.

 

Speak Your Mind

*