(Rangkuman Milis) CV dan PT

Diangkat dari sebuah topik Milis BundaInBiz:

Tanya:

BIBers.. bisa sharing.. tentang mendirikan CV? bukan masalah langkah2 atau proses pembuatannya ya.. tapi maksudku.. keuntungan2nya saat kita punya CV? karena aku ngeliat sepertinya banyak sekali kebutuhan teman2 disini yg memang perlu sebuah badan berlandaskan hukum..
kebetulan suamiku juga insyaAllah lagi kepengen punya CV.. jadi kepengen siapa tahu BIB jg bs jadi CV insyaAllah.. tapi karena kebetulan aku belum punya pengalaman mengelola CV.. aku butuh masukan dulu.. (kasian suami lg sibuk, lg gak bs diajak diskusi hehe) terima kasih banyak sebelumnya yaa..
(nadia)

Jawab:

Kenapa tidak sekalian bikin PT? dari sisi keikutsertaan modal, lebih menguntungkan PT. Sebagai contoh, dalam CV, jika kita mengalami kerugian, dan masih ada kewajiban terhadap pihak ketiga. misalnya bank, supplier dll, kita dituntut untuk menyelesaikannya bahkan dengan harta pribadi kita. Sedangkan dalam PT, terdapat kewajiban hanya dengan aset-aset yang dimiliki PT, jadi terdapat batasan antara harta pribadi kita dg aset perusahaan.

Badan usaha seperti CV dan PT keuntungannya dapat turut serta dalam tender perusahaan besar, menjadi rekanan dan dapat mengajukan hutang ke bank/lembaga keuangan lainnya.
Baru itu pengetahuan saya, cmiiw dan silakan nambahi… :)
semoga manfaat,
(Muflih)

Soal pendirian CV, kalo menurut aku, daripada CV mending PT aja
sekalian.. kenapa? salah satu keuntungannya: adalah adanya pemisahaan antara kekayaan (harta) PT dengan kekayaan pemilik PT (pemegang saham). kalo suatu hari nanti (mudah2an sih enggak) PT dipailit atau bangkrut maka harta pemegang saham tidak akan ikut disita. dari namanya PT adalah Perseroan Terbatas, artinya andil pemegang saham ya terbatas pada modal yang disetorkan untuk si PT itu saja. Sedangkan di CV tidak ada pemisahaan harta antara harta CV dengan harta pemiliknya seperti pada PT.
gitu aja sih info-nya…..ini ilmu dasar yang saya dapet waktu kuliah, saya sendiri blom punya CV ato PT.

Salam,
(Helen)

hmm..udah dua nih yg berkomentar sama.. makasih mb Heleh, Pak Muflih.. jadi dari sisi masalah pertanggungan itu ya? kalau gitu, kenapa orang masih mendirikan CV? hehe duh maaf pertanyaannya basic banget. apakah hanya karena modalnya lebih sedikit?
(nadia)

Yang aku tau sih nad….kalo ga salah CV di akte pendiriannya boleh suami istri & tidak dicantumkan modal dasarnya. tapi klo PT kudu ada min 2 orang pemegang saham dan juga di sebutkan modal dasarnya.

Salam,
(Evi)

Mbak Nadia, Mungkin karena kalo ngurus CV gak serumit kalo ngurus pendirian PT.. dari persyaratan dan mungkin juga modal (tapi kalo dibaca UU- nya mah kayaknya sih gak terlalu rumit juga kok.. :) yang pasti kalo PT itu harus ada pengesahan dari Menteri Hukum dan Perundangan, maksudnya anggaran dasar PT tersebut hrs disahkan oleh menteri dan diumumkan dalam berita tambahan RI dan UUPT mengatur pula perubahan tertentu terhadap anggaran dasar ada yg cukup hanya dilaporkan saja ke menteri tetapi adapula yang harus mendapat persetujuan dari menteri.
kalo dari Modal, dalam pendirian PT ada juga peraturannya. untuk mendirikan PT, UUPT mensyaratkan minimal modal dasar 20 jt, dari 20 jt tsb minimal 25% ditempatkan dan dr 25% yg ditempatkan 50% harus disetor.

salam,
(Helen)

Dear Bundas and Pandas,
Pendapat bunda dan panda benar adanya. Bahwa pada PT, asset pribadi tidak termasuk dalam asset perusahaan, terkecuali ketika saat pendiriannya ada inbreng dari harta pribadi yang diakui sebagai setoran modal pemegang saham.
Aku share sedikit ya (ada pengalaman nih ketika membina UKM-UKM Yang mendirikan PT) Dalam prakteknya, perlu kita pertimbangkan
apakah sebagai perusahaan yang baru berdiri kita akan siap dengan segala urusan legalitas ? Dengan disahkannya PT oleh Negara berarti kita harus tertib administrasi (karena setiap tahun akan ada pemeriksaan pajak, yang lumayan jlimet kalau kita tidak punya tenaga akunting yang terampil), harus ada macam-macam perizinan SIUP, TDP, NPWP dll Kemudian mengadakan RUPST. Dan macam-macam prosedur ke
perseroan. CV pun ada legalitasnya, tetapi tidak sebanyak PT. Nah, cerita pengalaman dulu, banyak sekali UKM yang segera merubah status hukum perusahaannya menjadi PT guna mengejar proyek, tetapi ditengah jalan mereka tidak sanggup melaksanakan kewajiban perseroan. Alhasil, perusahaan maju ala kadarnya, administrasi tidak tertib, petugas pajak dan petugas pemerintahan mengejar-ngejar terus tetek bengek perseroan.
Jadi, hemat saya, baik PT maupun CV ada untung ruginya. Semuanya kita kembalikan kepada personil yang akan menjalankannya. Apakah telah siap meningkatkan status perusahaannya menjadi PT.
Mungkin ada baiknya, kita belajar dulu untuk menjalankan perusahaan kita secara profesional. Baru kemudian kita pelajari, apakah perusahaan dan personilnya sudah mampu melompat ke tahapan
yang lebih tinggi.
OK deh segitu aza sharenya. Mohon maaf kalau ada salah.

Salam
(Yuno)

Ikutan sharing nih.. Biasanya orang mendirikan CV karena faktor skala usahanya, permodalan serta administrasi pengurusan lebih mudah dibandingkan PT.
kalo CV
1. Tidak harus disebutkan modal dasarnya, jadi tidak perlu bukti setoran modal
2. Tidak perlu pengesahan Depkeham dan berita acara negara
3. Biaya pengurusan legalitasnya lebih murah, paling mahal 2 jtan sudah komplit
4. Waktu pengurusan legalitasnya lebih cepat sekitar 2 mingguan
kalo PT
1. Harus memiliki setoran modal di bank sebagai modal dasar
2. Harus ada pengesahan depkehham dan berita acara negara
3. Biaya pengurusan legalitasnya lebih mahal kira-kira 10 jtan
4. Waktu pengurusan lama, sekitar 2 bulanan
Jadi untuk memutuskan CV atau PT sebaiknya dilihat dari :
1. Skala modalnya berapa, kalo dibawah 100 jt sebaiknya CV saja
2. Bentuk usahanya, kalo usahanya lebih kepada free market
sebaiknya CV saja tapi kalo usahanya berkaitan dengan tender/
kontrak dg perusahaan lain atau instansi pemerintah sebaiknya PT
Kalo masalah suami istri atau keluarga sih nggak ada masalah baik PT maupun CV Di perusahaan saya pun pemegang sahamnya saya dan suami kepengurusannyapun suami komisaris saya direkturnya
biar gampang RUPSnya..he..he..he..dan alasan kita mendirikan PT
karena 100% pekerjaan kita berkaitan dengan tender dan kontrak kerja dengan lembaga, instansi pemerintah maupun perusahaan lain.
begitu mb nadia sedikit tambahan pengalaman dari saya
Terimakasih,
(Nungki)

Bunda Nadia,
cuma mau nambahin info serba-serbi mendirikan CV,
aku iseng browse, ada info tambahan ttg pendirian CV
http://hukumonline.com/klinik_detail.asp?id=3530
(dari segi hukum/legalnya)
atau
http://hukumonline.com/klinik_detail.asp?id=3286
(pendirian UD)
atau
http://hukumonline.com/klinik_detail.asp?id=3380
(pendirian PT)

Meski rada ga enak bahasanya ( we know lah.. bahasa Kitab-Kitab
pasal-pasal yg ruesmi itu lho.. he..he..). Tapi sayang tdk menyertakan info min. modal. Tapi siapa tau berguna…

Rgds,
(Annisa)

Speak Your Mind

*