Hobby Bisa Jadi Bisnis

medium

Salah satu yang mungkin bisa dijadikan usaha adalah hobby kita. Karena segala sesuatu yang dikerjakan atas nama hobby pasti mengasyikkan dan membuat kita mudah menjalankannya.

Sebagai contoh, hobby membuat kerajinan tangan bisa dijadikan bisnis bila kita bisa memanage-nya. Seperti yang baru-baru ini kami tekuni adalah bisnis kain perca kalo bahasa Indonesianya. Patch and Quilt bahasa sononya..

Sebenernya Patch adalah penggabungan potongan2 kain kecil yg dijahit membentuk suatu design yg baru. Kalau Quilt adalah penggabungan 3 layer kain yaitu topping (kain atasnya biasanya berupa patch atau applique), silikon, dan backing fabrik. Biasanya Quilt bisa dengan jahitan jelujur oleh tangan ataupun oleh mesin. Sedangkan Applique adalah cara menempel kain diatas kain yang lain membentuk suatu gambar tertentu.

Dari metode dasar kita bisa membuat berbagai kerajinan tangan seperti sarung bantal, taplak, wall hanging, tas, sampai bed cover yang ukuran besar.

Memang di Indonesia belum terlalu populer tapi sepertinya sudah mulai ada ditemuai pengrajin Quilt ini, seperti adanya komunitas Quilt di Jakarta yang beberapa saat yang lalu mengadakan gathering di Jakarta.

Jadi…. mengapa menunggu ?? apa hobby anda ?? Jadikan bisnis yuk!

Speak Your Mind

*