Izin Usaha Yang Harus Dimiliki Untuk Mendirikan Bisnis

 

Memulai sebuah bisnis bisa menjadi sebuah keputusan yang benar-benar membutuhkan pertimbangan yang mantap. Karena memang menjalankan sebuah bisnis tak dapat dilakukan dengan main-main atau separuh hati. Banyak hal yang turut dipertaruhkan dalam mendirikan bisnis yang baru digeluti. Satu hal yang harus diperhatikan bagi pemain bisnis baru adalah izin usaha apa saja yang harus dimiliki untuk mendirikan bisnis.

Sebagai negara yang berhukum, maka kita harus mentaati segala peraturan yang ada dan berlaku di negara kita. Dalam mendirikan bisnis pun, ada beberapa hal mengenai perizinan pendirian bisnis yang harus kita lengkapi. Hal ini untuk membuat bisnis yang kita jalankan menjadi legal dan sah di mata hukum dan pemerintahan negara kita. Sehingga, dalam menjalankan bisnis tersebut kita memiliki perasaan yang nyaman dan tak ada kekhawatiran.

Berikut adalah izin usaha apa saja yang harus dimiliki untuk mendirikan bisnis :

1. Izin pendirian perusahaan

Hal ini sangat berhubungan dengan jenis bisnis yang dijalankan oleh perusahaan yang akan dibangun. Karena setiap jenis memiliki sedikit perbedaan dalam pembuatan izin pendirian usaha ini. Untuk perusahaan yang dikategorikan sebagai bisnis perseorangan maka harus mengurus sebagai Perusahaan Dagang atau Usaha dagang.  Dalam pembuatan izin pendirian perusahaan ini dapat menggunakan izin usaha Akta Notaris.

2. Izin tempat usaha

Dalam mendirikan sebuah perusahaan diperlukan izin tempat usaha yang harus dipenuhi oleh pendiri perusahan tersebut. Izin tempat usaha sendiri berkaitan dengan izin lainnya, diantaranya adalah Izin Mendirikan Bangunan atau yang biasa disebut sebagai IMB, SITU (Surat Izin Tempat Usaha), izin HO atau izin tentang gangguan, SIUP (Surat Izin Perdagangan), beberapa surat izin lainnya yang dibutuhkan oleh usaha tertentu.

Semua izin tersebut hendaknya dipenuhi oleh seseorang ketika hendak mendirikan sebuah perusahaan. Ada langkah mudah jika anda ingin mendirikan sebuah perusahaan tanpa harus ribet dengan berbagai urusan perizinan. Salah satunya adalah dengan datang ke notaris yang ada di sekitar anda, maka semuanya akan bisa beres dengan sendirinya. Demikianlah beberapa izin usaha apa saja yang harus dimiliki untuk mendirikan bisnis.

Speak Your Mind

*