Langkah Awal Memulai Bisnis Catering

Seiring dengan kesibukan masyarakat yang semakin tinggi, maka mereka tidak mau disibukkan dengan urusan masak-memasak yang memang menyita banyak waktu, tenaga dan juga pikiran. Untuk itu, jasa Catering menjadi pilihan utama guna mengatasi masalah tersebut. Saat ini, usaha catering menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat, terutama para pekerja yang sejatinya memiliki kesibukan yang cukup menyita waktu. Selain itu, Bisnis Catering juga dibutuhkan masyarakat dalam berbagai acara, misalnya pernikahan, khitanan, ulang tahun, syukuran, seminar, dan masih banyak acara-acara lainnya yang tentunya membutuhkan jasa Catering untuk menyediakan makanan dalam jumlah yang cukup banyak.

Bisnis Catering termasuk bisnis yang cukup menjanjikan, karenanya banyak orang mulai melirik bisnis yang satu ini. Namun, hoby saja rasanya tidak cukup untuk membuat bisnis ini sukses, karena harus mengetahui apa asaja Langkah Awal yang diperlukan untuk Memulai Bisnis Catering ini dan bagaimana cara mengembangkannya agar bisnis ini bisa bertahan di tengah persaiangan yang cukup ketat. Bisnis Catering ini termasuk salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati, asalkan bisa mengelolanya dengan baik dan professional.

Untuk mengetahui Langkah Awal Memulai Bisnis Catering agar bisa menuai sukses sebagaimana yang diharapkan kebanyakan orang, simak beberapa panduan berikut ini :

  1. Melakukan riset. Lakukan riset serius untuk sebelum memulai Bisnis Catering, misalnya jenis makanan apa yang dikuasai, kebutuhan pasar, persaingan pasar, kompetitor, harga pasaran, dan lain-lain.
  2. Menentukan target pasar/konsumen. Ini harus ditentukan terlebih dahulu, siapakah yang akan menjadi target pasar dari Bisnis Catering, apakah hajatan, anak-anak, kantor, atau acara-acara lainnya.
  3. Mempersiapkan modal usaha. Modal usaha dibutuhkan untuk pembelian beberapa peralatan yang dibutuhkan, misalnya saja alat masak, alat penyajian makanan, dan alat makan. Sehingga bisa memberikan layanan satu paket, dari mulai penyediaan makanan sampai penyewaan peralatan makan untuk pesta.
  4. Siapkan tenaga tambahan yang professional. Karena bisnis yang dijalankan akan memproduksi makanan dalam jumlah besar, maka tentunya akan membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mendukung kelancaran bisnis. Usahakan pilih karyawan yang memiliki keahlian di bidang memasak, menjaga kebersihan makanan, dan mengetahui cara menciptakan rasa makanan yang enak.
  5. Strategi promosi. Lakukan promosi secara praktis dan efisien agar konsumen mengenal Bisnis Catering ini. Upaya promosi bisa dilakukan secara online maupun offline. Jika online, tentunya bisa dengan mulai bergerilya di dunia maya, misalnya melalui jejaring social Facebook, Twitter, dan lain-lain. Untuk yang offline, bisa melakukan dengan cara menyebarkan pamflet, kartu nama, brosur, dan lain-lain.
  6. Ciptakan image baik di mata konsumen. Jika makanan enak, maka konsumen akan kembali memesan jasa Bisnis Catering tersebut. Untuk itu, Kunci sukses dari bisnis ini adalah jaga kualitas cita rasa makanan yang dimasak, kebersihan dan kehalalan makanan, dan peralatan yang digunakan.

Selain yang disebutkan di atas, perlu juga untuk kreatif dalam membuat daftar variasi masakan yang unik dan tidak banyak dimiliki oleh Bisnis Catering di tempat lain karena hal itu akan memberikan image tersendiri bagi para konsumen. Demikian informasi tentang Langkah Awal Memulai Bisnis Catering. Semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*