Langkah untuk Mewaralabakan Usaha Anda

Anda seorang pengusaha? Berapa jumlah omzet dan penghasilan Anda tiap bulannya? Sudahkan Anda melakukan ekspansi pengembangan usaha? Pertanyaan seperti ini kerap sekali dilontarkan pada seminar usaha yang sering diadakan di kota-kota besar.

Bagi seorang pengusaha lokal yang telah sukses dan berhasil mengembangkan usaha atau bisnis yang telah ditekuni, ekspansi usaha perlu dilakukan. Selain berguna untuk lebih mengenalkan jenis produk dan merk, ekspansi yang dilakukan juga berguna untuk menambah omzet penjualan. Naiknya omzet penjualan, pada akhirnya juga berpengaruh pada naiknya jumlah pendapatan atau penghasilan Anda. Ekspansi bisnis dapat Anda lakukan dengan cara membuka cabang didaerah lain dengan meminimalisasikan resiko kegagalan. Langkah untuk mewaralabakan usaha Anda, barangkali merupakan langkah terbaik yang dapat Anda lakukan.

Beberapa Langkah Mewaralabakan Usaha Anda

Agar ekspansi usaha atau ekspansi bisnis yang Anda lakukan dengan cara waralaba tidak mengalami kegagalan, berikut ini beberapa langkah untuk mewaralabakan usaha Anda sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Legalitas dan Patenkan

Urus legalitas dan hak paten tentang jenis usaha dan merk ataupun logo yang dimiliki perusahaan Anda, jangan sampai terjadi orang mengklaim terlebih dahulu logo yang Anda miliki di kemudian hari.

Pemasaran

Buat teknik dan triks pemasaran yang tepat, agar merk dan jenis usaha Anda lebih dikenal masyarakat. Gunakan media elektronik ataupun surat kabar yang telah mempunyai nama atau terkenal, apabila tidak mungkin, gunakan media billboard atau media sejenis.

Survei Lokasi

Lakukan survei lokasi secermat dan sedetail mungkin. Lakukan survei dalam beberapa bidang kategori, diantaranya letak, tempat, kondisi masyarakat serta kemampuan perekonomian setempat. Jangan sampai terjadi franchisor mengalami kerugian akibat kesalahan survei Anda. Keberhasilan franchisor, otomatis juga keberhasilan Anda.

Beri Jaminan Dukungan

Berikan jaminan dukungan kepada franchisor atau calon franchisor, agar langkah mewaralabakan usaha Anda mendapat apresiasi. Jaminan dukungan dapat berupa konsultasi, sistem pemasaran dan teknik pengembangan usaha.

Demikian beberapa langkah untuk mewaralabakan usaha Anda, agar ekspansi bisnis yang Anda lakukan memiliki sedikit resiko kegagalan. Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah monitoring yang harus dilakukan secara kontinyu untuk memastikan bisnis yang dilakukan franchisor memiliki persamaan kulitas dengan yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*