Macam-Macam Jasa Pengiriman Yang Sering Digunakan

Masih ingatkah zaman era lalu dimana kantor pos sangat mengantri? Banyak orang melakukan beragam jenis pengiriman melalui kantor pos. Kini, kita seolah lupa dengan jenis pelayanan pos karena era sudah berubah sangat jauh. Era saat ini adalah era tekhnologi. Di era tekhnologi informasi ini, segala bentuk transaksi sudah dapat dilakukan secara online atau melalui dunia maya. Bahkan toko-toko online sudah merebak di mana-mana. Namun, jika kartu lebaran sudah tidak perlu lagi melalui jasa pengiriman karena bisa satu kali klik sudah sampai ke alamat email tujuan, berbeda dengan pengiriman barang tetaplah membutuhkan jasa pengiriman. Tentu saja dibutuhkan jasa yang dapat menyampaikan barang dari produsen ke tempat pembeli. Untuk itu perlu diketahui macam-macam jasa pengiriman yang dapat dipergunakan.

Kalau pada jaman dahulu jasa pengiriman hanya melalui PT. Pos yang biasa disebut sebagai paket pos, saat ini sudah marak aneka jasa paket. Mulai dari jasa paket yang dikelola secara langsung oleh jasa paket spesifik seperti PT. Pos, TIKI, ataupun jasa-jasa khusus sejenis lainnya sampai dengan jasa travel atau biro perjalanan yang selanjutnya juga mengembangkan system pengiriman barang. Saat ini barang dapat dititipkan atau dilewatkan melalui aneka jenis biro perjalanan. Antara lain, biro perjalanan kereta api, pesawat, bus dan bahkan juga travel pribadi seperti mobil rental. Mereka semua saat ini menawarkan ke konsumen untuk dapat menjalankan pengiriman barang dengan cara cepat dan mudah.

Meskipun sudah sangat marak jasa pengiriman barang, namun sebagai konsumen sangat perlu untuk memilih jasa paket yang berkualitas dan dapat dipercaya. Sebagai pengirim tentu tidak menginginkan barang sampai ke tujuan dalam kondisi kurang prima, karena hal tersebut merupakan kepercayaan pelanggan terutama bagi para pelaku bisnis online. Barang yang pecah atau rusak di perjalanan, bagi konsumen pada umumnya akan melakukan complain secara langsung kepada pihak pengirim dan bukan kepada jasa pengirim barang. Untuk itu sebagai pengirim harus cukup jeli di dalam memilih jasa paket yang akan digunakan. Adapun macam-macam jasa pengiriman yang saat ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk digunakan adalah PT. TIKI online, PT. POS Indonesia, JNE Express, ESL Ekspress, di area Jawa Tengah khususnya jalur Yogyakarta, Semarang, Solo, sudah dikembangkan jasa kirim Joglosemar, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentu saja mempunyai range harga berbeda pula sesuai dengan kecepatan dan ketepatan kirim. Demikian macam-macam jasa pengiriman.

Maka, di era saat ini Anda sudah bisa memilih dengan cerdas jasa pengiriman apa yang akan Anda gunakan. Gunakan yang paling sesuai dengan kebutuhan, harga, dan tentu saja kenyamanan.

Speak Your Mind

*