Membuka Bisnis Wedding Organizer

Saat ini kesibukan kerja calon pengantin membuat mereka tidak dapat mengurusi pesta pernikahan sendirian. Padahal setiap calon pengantin menginginkan momen penting dalam hidup mereka ini menjadi sempurna. Karena alasan itulah, saat ini banyak pihak yang mulai tertarik membuka bisnis wedding organizer.

Mewujudkan mimpi pesta pernikahan pengantin, itulah fondasi dari keputusan membuka bisnis wedding organizer. Akan tetapi, prinsip ini juga harus dibarengi oleh skill dan kemampuan tim yang ada dalam WO, karena WO tidak hanya mengurusi keperluan pasangan calon pengantin, tapi juga keluarga besar kedua calon pengantin.

Ada beberapa skill yang harus dimiliki agar WO tetap bertahan, dan salah satu yang terpenting adalah berpikir secara detail. Semua kebutuhan yang paling kecil dalam pesta pernikahan pun harus diperhatikan oleh wedding organizer.

Selain itu, WO harus imaginatif dan kreatif. Pasangan calon pengantin terkadang mempunyai keinginan atau rancangan pesta pernikahan yang indah dalam angan-angan mereka. Namun tak jarang mereka sulit untuk mengungkapkan atau tak tahu bagaimana perwujudannya. Di sinilah peran imajinasi dan kreativitas WO untuk mewujudkannya.

Oleh karenanya, WO pun harus bisa memahami sisi psikolog pasangan calon pengantin. WO harus memahami mengenai kepribadian, ketakutan, kebingungan, stres, dan emosi yang dihadapi oleh pasangan calon penngantin sehingga WO dapat mewujudkan pesta pernikahan impian pengantin.

WO juga harus bisa merencanakan dan me-manage semuanya dengan baik, dari budget dan biaya, waktu, tempat, dan semua kebutuhan pesta pernikahan. Kemampuan berkomunikasi dan berdiplomasi yang baik, serta jaringan yang luas sangat diperlukan karena WO tidak bekerja sendiri. WO harus bisa bekerjasama dengan fotografer, catering, florist, make-up salon, gedung aula atau hotel, gereja atau masjid, dan masih banyak lagi. Bila WO tidak bisa meng-handle semua tadi, pesta pernikahan tidak akan berjalan dengan baik.

Selain itu, membuka bisnis WO berarti tim juga harus memiliki sense of fashion, update mengenai tren makanan dan musik, serta memahami tradisi atau adat yang diusung oleh kedua pasangan.

Speak Your Mind

*