Memulai Bisnis Jasa Penyedia Layanan Wisata

Peluang Bisnis pariwisata di Indonesia sangat besar, dikarenakan keanekaragaman budaya dan keindahan alam Indonesia yang menarik untuk di kunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun Mancanegara.

Kegiatan berwisata pun sudah merupakan hal penting di tengah kejenuhan dalam melakukan rutinitas sehari-hari. Lalu bagaimanakah memanfaatkan peluang tersebut untuk menjadi lahan bisnis ? Salah satu bisnis yang bisa dibuka adalah Bisnis Jasa Penyedia Layanan Wisata yang menjual berbagai paket wisata. Namun untuk mempunyai sebuah bisnis yang akan menjadi besar perlu diperhatikan beberapa hal yang diperlukan sebelum membuka bisnis ini.

Berikut hal yang harus di persiapkan sebelum memulai bisnis jasa penyedia layanan wisata :

  1. Tentukan Jenis layanan yang akan diberikan, bisa mulai dengan skala kecil terlebih dahulu. Misalnya sebagai pemandu wisata, hal ini bertujuan supaya pada saat memasuki skala yang lebih besar, yaitu ingin menjual aneka paket wisata, Anda memiliki pengetahuan tentang hal yang Anda jual.
  2. Kumpulkan informasi tentang tempat wisata di daerah sekitar tempat Anda bekerja. Mulai dari wisata alam, kesenian, wisata kuliner, wisata belanja dan lain sebagainya. Perlu Anda ketahui juga bahwa akan banyak pesaing dibisnis Anda yang menjual hal yang sama, sehingga diperlukan kreatifitas Anda mengemasnya supaya ebih menjual.
  3. Mulai membangun kerjasama dengan rekan kerja Anda dibidang pariwisata seperti hotel, villa, sewa mobil, restoran, tempat – tempat belanja, tempat – tempat pertunjukan dan penyedia aktifitas wisata. Sehingga Anda bisa mendapatkan harga spesial yang bisa Anda masukan kedalam paket Wisata yang Anda jual. Jika Relasi Anda belum cukup besar, Anda bisa mulai dengan menjadi bagian dari perusahan jasa pelayanan wisata yang lebih besar, untuk kemudian Anda bisa menjalankan sendiri usaha Anda.
  4. Keterampilan berkomunikasi yang baik sangat di butuhkan untuk memulai bisnis ini, karena Anda akan berhubungan langsung dengan tamu, baik dalam dan luar negeri. Kecakapan kita berbahasa termasuk bahasa Asing sangat di perlukan. Selain itu pemandu wisata yang luwes akan sangat di sukai oleh tamu, sehingga sangat mungkin tamu akan kembali ke tempat wisata dengan menggunakan jasa Anda lagi.
  5. Ijin Usaha Pariwisata atau lisensi pemandu wisata juga merupakan faktor penting saat memulai bisnis ini, karena Wisatawan akan merasa lebih aman dan percaya pada perusahaan yang memiliki ijin dan wisatawan merasa bahwa mereka sudah berada di tangan yang tepat.
  6. Cara promosi usaha Anda juga merupakan hal yang perlu di perhatikan sebelum memulai bisnis, kompetitor di bisnis ini sangat banyak sehingga hal yang berhubungan dengan promosi ini adalah hal yang patut di pikirkan. Banyak cara yang bisa dipakai salah satunya berpromosi melalui internet.

Demikian beberapa tips memulai bisnis jasa penyedia layanan wisata yang bisa dimulai dari skala kecil dan dimulai di rumah Anda.

Speak Your Mind

*