Memulai Usaha Jual Beli Spare Part Sepeda Motor

Dari tahun ke tahun, proses kepemilikan sepeda motor makin mudah dengan syarat yang semakin ringan. Banyak masyarakat menggunakan sepeda motor untuk kebutuhan sehari-hari, menempuh jarak jauh dari rumah di pinggiran kota menuju sentra bisnis di pusat kota. Penggunaan dengan jam tinggi ini membutuhkan perawatan khusus. Termasuk membutuhkan spare part secara berkala demi performa mesin yang sempurna. Karena itu, peluang bisnis jual beli spare part sepeda motor masih sangat cerah dan prospektif.

Untuk memulai usaha ini, Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Jika Anda fokus pada bisnis jual beli spare part sepeda motor, maka Anda harus mendata bengkel dan toko spare part sepeda motor, di sekitar lokasi Anda. Jika Anda berniat membuka bengkel dan toko spare part sepeda motor, maka Anda harus memiliki lokasi strategis. Sering dilalui sepeda motor dan tak jauh dari pemukiman. Jika tidak, Anda bisa tetap membuka usaha jual beli spare part sepeda motor dengan berkeliling ke bengkel dan toko spare part motor. Istilahnya, jenis bisnis kanvas.

Setelah menetapkan pasar konsumen Anda, apakah individu atau pebisnis, Anda bisa mulai membuka jejaring. Biasanya toko spare part dan bengkel sepeda motor tidak belanja barang dagangan langsung ke supplier. Anda bisa mengambil celah ini. Anda bertindak sebagai distributor banyak pemasok, dan menyalurkan kepada bengkel dan toko spare part sepeda motor. Mulai dari busi, rantai hingga knalpot.

Pada dasarnya spare part sepeda motor dibedakan menjadi dua, yaitu spare part yang diproduksi pabrikan sepeda motor , biasa disebut genuine part. Yang kedua ialah spare part yang diproduksi pabrikan lain, disebut spare part after market. Sebagai pedagang, margin keuntungan lebih besar didapatkan dari spare part after market, bisa 30%-40%. Sedangkan harga genuine part sudah standar sehingga tidak terlalu banyak memberi keuntungan. Secara total, apabila Anda membuka usaha retail dalam bentuk toko dan sekalian bengkel, maka keuntungan bisa 80%. Untuk kelas grosir, keuntungangan sekitar 40%.

Peluang bisnis spare part sepeda motor termasuk cerah. Barang tidak basi dan harga cenderung naik. Yang penting, Anda tahu akan menjual kemana sehingga spesifik memyediakan spare part sesuai kebutuhan. Strategi ini penting terutama jika modal Anda terbatas.

 

Speak Your Mind

*