Menyiapkan Kemasan Makanan Yang Menarik

Salah satu kunci sukses pemasaran produk makanan dan minuman adalah terletak pada kemasan makanan yang menarik. Pembeli kerapkali mudah terpesona oleh kemasan yang menarik, tidak peduli bagaimana rasanya, pandangan pertama memang menjadi daya tarik utama bagi konsumen tertentu. Oleh karenanya, pemilik usaha di bidang kuliner harus benar-benar memperhatikan kemasan produknya. Jangan sampai hanya karena mengabaikan kemasan, produk Anda justru tidak menarik minat konsumen. Anda bisa mulai mencari tahu kemasan seperti apa yang saat ini menjadi tren di kalangan konsumen. Apakah faktor warna, keunikan bentuk kemasan, motif maupun ukuran akan saling mempengaruhi.

Dengan banyaknya produk inovatif yang beredar di pasaran saat ini, sangat disayangkan, masih banyak pelaku usaha di bidang kuliner yang tidak menyiapkan kemasan makanan yang menarik untuk produknya. Kecenderungan untuk tidak peduli dengan kemasan produknya, bahkan terkesan asal-asalan dalam mengemas produknya, banyak ditemui. Misalnya saja dengan pengemasan produk hanya menggunakan plastik bening yang diberi label asal-asalan saja. Nah, jika hal tersebut dibiarkan maka bisa jadi produk yang seharusnya laris di pasaran justru kalah bersaing dengan produk yang kurang enak tetapi lebih unggul menentukan kemasan yang menarik. Jadi, tidak bisa dihindari suatu produk menjadi sangat populer bukan karena kualitas dan rasa produk melainkan karena  menariknya kemasan yang digunakan.

Pemilik usaha di bidang kuliner sebaiknya menyiapkan kemasan makanan yang menarik untuk produknya. Alasan pemilihan kemasan produk yang menarik diantaranya adalah :

  • Dapat memberikan nilai tambah pada produknya di pasaran
  • Kemudahan bagi konsumen dalam mengenali produk Anda
  • Banyaknya konsumen yang lebih tertarik membeli suatu produk berdasarkan kemasan yang menarik dan enak di pandang
  • Faktor keawetan makanan dengan menyiapkan kemasan yang kedap dan sebagainya.

Jika Anda sudah mengetahui alasan kenapa harus memilih kemasan produk yang menarik, maka kini saatnya Anda  mengetahui tentang faktor apa sajakah yang harus diperhatikan dalam menyiapkan kemasan makanan yang menarik? Simak beberapa hal berikut ini :

  • Pastikan kemasan produk Anda simpel, praktis serta mudah dibuka dan ditutup kembali karena hal ini sangat memudahkan konsumen.
  • Kenali konsumen, siapa yang menjadi target market produk Anda. Kemasan yang menarik bagi anak-anak belum tentu terlihat menarik bagi orang dewasa.
  • Usahakan kemasan produk Anda berbentuk cembung karena terkesan padat dan lebih banyak isinya. Selain itu, kemasan cembung dapat meyakinkan konsumen bahwa kualitas produk Anda masih terjaga dengan baik dalam kemasan.
  • Cari info mengenai tren yang sedang berkembang. Kesadaran akan bahaya pencemaran lingkungan membuat beberapa konsumen lebih menyukai produk dengan kemasan yang bisa di daur ulang.

Nah, jangan ragu untuk mulai memberikan kemasan terbaik pada produk Anda dan ingatlah bahwa kreatifitas adalah hal penting dalam menentukan kemasan makanan yang menarik.

Speak Your Mind

*