Seluk Beluk Bisnis PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Berwawasan Alam

Pendidikan Anak Usia Dini berwawasan alam dan lingkungan makin diminati akhir akhir ini. Mengingat kerusakan lingkungan dewasa ini, manusia makin dituntut memiliki kecerdasan naturalis. Seseorang yang memiliki kecerdasan naturalis tergolong tinggi akan mampu hidup harmonis dengan alam, tidak merusak dan penuh kasih terhadap sesama makhluk hidup.  PAUD berwawasan alam dan lingkungan juga dipercaya mampu mendukung perkembangan kecerdasan anak yang komplit. Bukan cuma intelektual tapi juga emosional dan spiritual.

Karena itu prospek bisnis PAUD berbasis wawasan alam termasuk cerah dan menjanjikan. Untuk mewujudkan PAUD berbasis wawasan alam, Anda harus memiliki ruang terbuka sebagai bagian dari kawasan PAUD. Sebab aktivitas terbesar peserta PAUD akan berada di ruang terbuka.

Kurikulum PAUD berbasis wawawan alam sebetulnya tidak jauh berbeda dengan PAUD pada umumnya. Karena itu, Anda perlu mendiskusikan kurikulum sebagai dasar rencana kegiatan harian, dengan pendidik berlatarbelakang pendidikan PAUD berwawasan alam.
Jangan lupa untuk mendahulukan pengurusan izin pendirian PAUD berbasis alam.

Perhitungkan biaya untuk membeli fasilitas dan alat penunjang pendidikan di alam terbuka. Peserta PAUD akan lebih sering beraktivitas di ruang terbuka sehingga relatif cenderung banyak bergerak. Tentu saja Anda harus memiliki ruang terbuka yang teduh. Kalau perlu, buat rumah pohon dan fasilitas permainan ketangkasan di ruang terbuka. Toh fokus pendidikan pada usia dini masih menitikberatkan pada perkembangan motorik anak.

Kotak pasir juga menjadi salah satu alat pengajaran. Misalnya membuat garis lurus atau membuat gambar bentuk tertentu bisa dilakukan diatas pasir. Ini akan mengasah kampuan motorik halus anak. Peserta PAUD juga bisa menggunakan media biji-bijian untuk berlatih berhitung. Misalnya menggunakan biji jagung kering. Anak-anak usia pra sekolah sudah bisa diminta berhati-hati dengan biji kecil.

Bahkan hujan pun bisa masuk sebagai bagian kegiatan harian, karena mandi hujan bisa meningkatkan kecerdasan naturalis. Ada baiknya menyiapkan area bercocok tanam untuk PAUD berwawasan alam. Ini dapat membiasakan anak memahami kosep menanam dan memanen buah ataupun sayur sejak dini.

Speak Your Mind

*