Tips Ibu Pintar Mengelola Keuangan

Beberapa ibu rumah tangga sering mengeluhkan karena masalah keuangan keluarga. Pemasukan dan pengeluaran setiap bulan yang tidak seimbang entah karena kebutuhan anak sekolah yang semakin besar, kebutuhan belanja yang terus meningkat, serta banyaknya pengeluaran-pengeluaran tak terduga yang membuat semakin besarnya pengeluaran.

Ibu pintar pasti bisa mengelola keuangan rumah tangga. Tidak ada tips khusus untuk mengelola keuangan, karena setiap ibu rumah tangga memang harus cerdas mengatur keuangan. Coba ikuti tips sederhana berikut….

Saat uang gajian masuk kantong, segera sisihkan untuk kebutuhan pokok seperti belanja keperluan rumah tangga, uang pendidikan, uang asuransi, zakat…..

Jika punya hutang bulan lalu, sisihkan untuk membayar hutang. Meskipun hal ini sepele jika tidak langsung menjadi anggaran maka akan semakin menambah beban keuangan di kemudian hari.

Saat belanja di Mall, Supermarket, Minimarket..usahakan untuk membawa uang pas dan bawa daftar belanja sesuai keperluan. Dan, jangan biasakan untuk memanjakan mata terlalu lama untuk melihat barang-barang yang tidak terlalu  dibutuhkan. Kalaupun akan menjadi barang pilihan untuk koleksi, maka anggarkan bulan depan.

Anggarkan untuk kebutuhan mendadak, seperti berobat ke dokter, membesuk saudara sakit,  atau kebutuhan lain yang memang harus terlaksana tanpa perencanaan dahulu.

Anggarkan untuk rekreasi bersama keluarga, meskipun tidak setiap bulan atau setiap minggu..setidaknya sudah ada dalam perencanaan pengeluaran keuangan.

Selalu sisakan untuk mengisi tabungan..karena menabung tetap menjadi prioritas demi kelancaran kebutuhan rumah tangga.

Gampang kaan..untuk mewujudkan menjadi ibu pintar dalam mengelola keuangan? Lakukan tips-tips di atas dengan penuh perencanaan yang matang, dan konsultasikan dengan suami.

Selamat mencoba …

Comments

  1. rina says:

    Bagusnya untuk uang tabungan, di dahulukan terlebih dahulu, apa uang tabungan dianggarkan setelah kebutuhan pokok dipisahkan ?

    Salam
    Ina

Speak Your Mind

*