Tips Membuat Aksesoris dari Mote

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik dan mempesona. Selain pakaian, aksesoris  merupakan pernak-pernik tambahan yang sering dilirik para wanita. Banyaknya pernak-pernik aksesoris yang menjadi kebutuhan wanita, mulai dari tas, dompet, kalung, anting-anting, dan lain-lain membuat banyak bermunculan produk-produk aksesoris dari aneka bahan, baik alami maupun buatan, misalnya : aklirik, kerang, mote, mutiara, kristal, manik-manik, dan lain-lain.

Salah satu aksesoris yang memiliki daya pikat tersendiri karena bahannya yang murah dan mudah mendapatkannya adalah aksesoris dari bahan dasar mote. Ternyata, Anda juga bisa membuat sendiri aksesoris dari mote loh. Namun sebelum Anda membuat acsesoris dari bahan mote, maka Anda harus mempelajari tips membuat aksesoris dari mote.

Sebelum Anda mempelajari tips membuat aksesoris dari mote, tidak ada salahnya jika Anda mengenal jenis-jenis mote, diantaranya sebagai berikut :

  • Flat back merupakan jenis mote crystal yang bagian belakangnya rata dan tidak ada lemnya.  Mote jenis ini biasanya digunakan untuk menghias kuku, cell phone, dan lain-lain.
  •  Hotfix merupakan jenis mote yang mirip dengan flat back, namun bagian belakangnya ada lemnya. Mote jenis ini biasanya digunakan untuk hiasan baju, topi, gaun, dan lain-lain.
  • Point back merupakan jenis mote dengan bentuk lancip dibagian belakang.
  • Sew on merupakan jenis mote yang memiliki lubang 1 sampai 3. Hal itu berguna untuk memudahkan proses penjahitan/sulam mote pada kain.
  • Rhinestone rivet merupakan mote yang cara pemakaiannya menggunakan system rivet.  Mote jenis ini biasanya dipakai untuk tas, sabuk, dan lain-lain.

Setelah mengetahui jenis-jenis mote, maka simak tips membuat aksesoris dari mote berikut ini :

  • Siapkan aneka mote yang akan digunakan. Mote dari bahan crystal biasanya yang paling mengkilap, dari acrylic atau plastic biasanya kurang mengkilap, dan metal yang terbuat dari alumunium
  • Siapkan alat untuk merangkai, misalnya : tang, gunting, lem tembak, kawat aksesoris dan tali strech, sarangan bros dan peniti, head pin, ring, pengait untuk kalung atau gelang, dan lain-lain.
  • Siapkan alat dan bahan sulam benang, misalnya jarum, jarum pentul, ram, alat tulis, benang sulam, kain, karbon, dan lain-lain. Gunakan jarum yang ujungnya tajam, sedangkan untuk benang Anda bisa memilih benang katun.
  • Setelah semua alat dan bahan siap, maka Anda bisa mulai merangkai sesuai dengan model yang diinginkan.

Semoga tips tersebut bermanfaat.

Speak Your Mind

*