Tips Membuka Jasa Laundry


Ada beberapa tips membuka jasa laundry yang harus diperhatikan calon pebisnis. Apa saja tips- tips tersebut. Berikut ini ulasannya:
1. Pastikan terlebih dahulu bahwa lingkungan tempat jasa laundry tersebut tidak sulit untuk dijangkau calon konsumen. Pastikan juga bahwa masyarakat yang berada di sekitar lokasi bisnis adalah masyarakat yang lebih sering menggunakan jasa laundry daripada mencuci sendiri.

2. Pikirkan dari mana asalnya modal
Berikutnya adalah memikirkan dari mana datangnya modal, diri sendiri atau pinjaman. Meski sebenarnya calon pebisnis bisa memulai usaha dari modal minimal. Cukup satu mesin cuci saja misalnya atau untuk sementara memakai mesin cuci pribadi. Barulah nanti kalau usaha sudah semakin berkembang, pebisnis tersebut mulai berpikir untuk ekspansi

3. Pegawai yang dibutuhkan
Tips membuka jasa laundry berikutnya adalah mengenai pegawai. Bila sifat bisnis ini untuk kegiatan utama, maka bisa jadi si pemilik akan merangkap menjadi pegawai pula untuk meminimalisir biaya. Namun, bila si pemilik menjadikan bisnis ini sebagai usaha sampingan, maka mau tidak mau pemilik harus merekrut pegawai. Tentu saja pegawai yang direkrut adalah yang sudah berpengalaman atau setidaknya mengerti bagaimana cara mencuci yang baik dan benar.

4. Mengenalkan pada masyarakat luas
Sembari menyempurnakan, bisnis bisa langsung dimulai, setidaknya untuk mengenalkan kepada masyarakat terlebih dahulu bila kita memiliki bisnis jasa laundry. Brosur, adalah cara konvensional yang masih banyak dilakukan hingga sekarang untuk promosi. Tidak salah memang, namun selain brosur hendaknya pebisnis juga mengenalkan secara langsung. Dari skala yang paling kecil saja, misalnya komunitas ibu- ibu arisan atau PKK.

5. Penting untuk mengetahui “teori” mencuci dengan baik dan benar
Jangan pernah menyepelekan teori mencuci yang baik dan benar. Walau tidak ada buku yang membahasnya, namun wajib bagi pebisnis untuk mengetahui dan mempelajarinya. Walaupun bukan pebisnis juga yang melakukannya, namun tetap penting bagi dia mengetahui bagaimana cara mencuci yang baik dan benar untuk bisa melakukan controlling terhadap karyawannya.

Lakukan dulu tips membuka jasa laundry di atas sebelum melakukan hal- hal lainnya yang bersifat advance.

Speak Your Mind

*