Tips Membuka Kursus Gambar

Menggambar merupakan satu kegiatan menyenangkan yang memiliki banyak manfaat. Kegiatan ini memiliki kontribusi yang cukup signifikan dalam mengembangkan kemampuan anak secara umum. Dalam suatu studi disebutkan bahwa kemampuan menggambar merupakan salah satu skill yang bisa mendongkrak kemampuan anak dalam membaca hingga berhitung. Selain itu, tentu saja secara umum aktivitas menggambar terkait dengan kegiatan kreatif yang merangsang otak untuk beraktivitas secara seimbang.

Mengingat manfaat yang bisa didapat dari aktivitas menggambar, maka minat untuk menguasai bidang ini mengalami peningkatan. Dengan demikian, peluang untuk membuka kursus menggambar pun terbuka semakin lebar. Beberapa poin yang perlu diperhatikan adalah dengan mengelompokkan partisipan sebagai berikut:

  • Kelas Pemula (Anak)

Untuk anak-anak kecil yang baru belajar menggambar bahkan baru memegang pensil, arahkan aktivitas gambar untuk mengeksplorasi minat dan daya kreatif mereka. Anak-anak kecil biasanya mempunyai daya kreasi yang begitu luas. Saat mereka belum bisa mengungkap ide melalui tulisan, maka gambar menjadi sarana mereka untuk berekspresi. Arahkan mereka untuk percaya diri saat menggambar.

Seiring waktu, seringkali anak merasa tidak bisa menggambar karena ‘terhalang’ oleh logika mereka. Maka kursus menggambar bisa menjadi sarana untuk mengembangkan minat nereka. Dari tidak suka menjadi suka, dari tidak bisa menjadi bisa. Lebih jauh lagi, minat dan bakat mereka bisa diarahkan untuk berprestasi di ajang lomba menggambar.

  • Kelas Profesional

Untuk partisipan yang memang ingin bisa menggambar secara profesional, pengajar harus mempersiapkan arahan teknik menggambar yang terarah untuk mereka. Siapkan alat gambar yang beragam, mulai pensil, crayon, kapur, conte, hingga cat air dan cat minyak. Demikian juga dengan media gambar. Siapkan mereka untuk bereksplorasi dengan beragam jenis kertas hingga kanvas. Perbanyak menggambar obyek hingga mereka merasa percaya diri dengan media gambar yang digunakan.

  • Kelas Khusus

Partisipan di kelas ini biasanya adalah lulusan SMA yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di fakultas seni rupa. Untuk mereka perlu diberikan tips dan trik menembus ujian masuk. Beri sedikit pengenalan teknik menggambar, termasuk teknik menggambar cepat dan teknik mengisi gambar serta arsir.

Selain dasar-dasar teknik menggambar, partisipan di kelas ini pun perlu diberi rangsangan untuk mengeksplorasi daya kreativitas mereka untuk membuat gambar yang unik dan khas. Motivasi juga perlu diberikan untuk mereka, agar kepercayaan diri mereka meningkat untuk menjalani ujian.

Dengan memahami karakter partisipan, pengelola kursus gambar dapat merancang kegiatan yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Mengenai tempat, untuk awal bisa saja menggunakan satu ruangan khusus di rumah sebagai studio gambar. Demikian pula waktu yang bisa disesuaikan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Jangan lupakan fasilitas lain yang perlu disiapkan, agar kegiatan kursus dapat berlangsung secara optimal dan menyenangkan.

Speak Your Mind

*