Tips Membuka Usaha Butik

Salah satu jenis usaha bisnis yang layak untuk dipertimbangkan, selain usaha dalam bidang kuliner adalah usaha butik. Sama seperti membuka usaha lainnya, saat ingin Mmembuka usaha butik juga memerlukan beberapa pertimbangan, salah satunya pertimbangan modal

Jangan kuatir, tidak selamanya membuka usaha butik memerlukan modal besar. Berikut tips membuka usaha butik:

1. Tahu kemana dan dimana bisa membeli baju-baju dalam jumlah banyak (grosir) tetapi tergolong murah dan tentu saja dengan kualitas bagus

Biasanya kalau membeli dalah jumlah grosir anda bisa mendapat potongan harga dari supplier. Untuk awalnya sebaiknya tidak menghabiskan seluruh modal untuk produk-produk anda tetapi juga jangan beli yang asal murah.

Alternatif lainnya adalah anda mendesain dan menjahit sendiri baju-baju yang akan dijual di butik. Cara ini bisa diterapkan kalau butik anda tidak terlalu besar.

2. Tentukan apa yang mau anda jual di butik

Walaupun anda bisa menjual apa saja di butik, lebih baik anda memilih satu jenis baju buat dijual di butik. Sebelum menentukan mau menjual apa, anda harus melakukan riset terlebih dahulu apa yang disukai dan dibutuhkan oleh masyarakat plus yang saingannya juga masih sedikit.

3. Meminta teman atau keluarga untuk membantu mengelola bisnis butik anda

Pastinya teman atau keluarga akan lebih anda percaya dibanding orang luar. Cara ini juga bisa menghemat modal waktu untuk mencari orang lain dan anda juga bisa nawar’ dengan mereka untuk masalah gaji.

4. Memilih rekan kerja atau penanam modal

Dengan siapa anda akan membuka usaha butik ini? dengan siapapun anda membuka butik harus dipertimbangkan beberapa faktor seperti bagaimana pembagian modalnya, bagaimana pembagian kerjanya juga bagaimana sistem pembagian keuntungannya nanti. Ini semua harus dipikirkan untuk menghindari terjadi sengketa dikemudian hari.

5. Sudah menghitung setiap detil pengeluaran dan pemasukan yang akan ada

Kalau anda memiliki rekan kerja juga harus didiskusikan bersama berapa besar uang yang harus dikeluarkan. Dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan dari awal membuka membuka butik akan menghindari anda dari hal-hal yang diluar rencana.

 

Speak Your Mind

*