Tips Membuka Usaha Merias Pengantin Daerah

 

Usaha rias pengantin marak dimana-mana. Terutama muncul di musim menikah. Gaya dan trend busana yang ditawarkan bermacam-macam. Mulai dari modern, bernuansa etnis, campuran, kontemporer, hingga yang bernuansa tradisional. Untuk yang disebutkan terakhir, diperlukan seni tersendiri untuk mengembangkannya.

Nah, inilah berbagai tips membuka usaha merias pengantin daerah. Pertama, modal utama tentunya adalah doa dan keyakinan kepada Allah serta restu kedua orang tua. Kedua, persiapan keahlian dan kompetensi diri di dalam merias. Bila ini belum dimiliki, kita bisa mengikuti berbagai kursus atau pelatihan. Cara lainnya adalah dengan bekerja paruh waktu di salon atau sanggar rias yang telah memiliki reputasi baik. Ketiga, ijin resmi juga perlu diusahakan. Keempat, peralatan kosmetik dan tata rias sebaiknya kita beli, jangan meminjam atau menyewa. Kelima, upayakan kosmetik yang kita pakai tidak menimbulkan keluhan pada pelanggan. Keenam, utamakan kepuasan pelanggan. Ketujuh, bila ada keluhan pelanggan, maka sebaiknya langsung diatasi.

Kedelapan, pelaku bisnis rias pengantin daerah sebaiknya juga memahami filosofi warna dari baju pengantin. Misalnya saja baju bodo. Baju bodo adalah baju tradisonal khas Sulawesi Selatan yang umum dipakai oleh perempuan Bugis. Warnanya menunjukkan usia dan kedudukan sosial pemakainya. Misalnya: Baju bodo berwarna jingga lazim dikenakan oleh anak perempuan berusia sepuluh tahun. Baju bodo berwarna merah umum dipakai oleh anak perempuan berusia 10-25 tahun. Baju bodo berwarna putih biasa dipakai oleh para dukun dan pembantu. Baju bodo berwarna hijau biasa dipakai oleh para wanita bangsawan. Baju bodo berwarna ungu biasa dipakai oleh para janda. Ini adalah tips membuka usaha merias pengantin daerah yang umumnya diabaikan oleh pelaku bisnis. Anggapan mereka, hal ini tidak terlalu penting. Padahal kenyataannya, semakin tahu detail, maka kita akan dihargai oleh pelanggan. Keluasan pengetahuan kita akan membawa kepuasan bagi pelanggan.

Kesembilan, upayakan ada kejutan tak terduga bagi pengantin. Misalnya ada bonus foto eksklusif, ada potongan harga yang belum Anda beritahukan sebelumnya.

Demikian diungkapkan berbagai tips membuka usaha merias pengantin daerah. Semoga bermanfaat.

Speak Your Mind

*