Tips Membuka Usaha Salon Kecantikan

Untuk memulai merintis memiliki sebuah usaha salon kecantikan ternyata tidak mudah. Perlu tips membuka usaha salon kecantikan khusus supaya pengelolaannya bisa mendatangkan keuntungan. Berbagai pertanyaan yang akan muncul adalah

1.  Hal baru dalam masalah buka usaha sendiri atau wiraswasta, berapa rata-rata modal untuk membuka usaha salon kecantikan untuk pangsa pasar sesuai target kalangan yang akan dituju ?
2.  Jika usaha salon kecantikan tersebut dikerjakan oleh karyawati profesional, tanpa menyewa tempat seberapa lama dan seberapa wajar, usaha tersebut dikatakan sehat. 

Untuk membuka sebuah usaha salon kecantikan hal yang penting adalah tenaga kerjanya, karena berhubungan dengan keahliannya dan ketrampilan tentang kecantikan itu sendiri. Sedangkan untuk modalnya ditentukan oleh fasilitas dan sarana yang tersedia di salon kecantikan itu nantinya. Untuk yang pertama kali ingin memulai usaha salon kecantikan yang perlu diperhatikan adalah berhati-hati dalam menentukan modal .

Beberapa hal yang harus kita tentukan dalam memulai usaha salon kecantikan :

1. Tentukan jasa apa yang akan dijual :

a. Hair Cut atau Potong Rambut
b. Creambath
c. Facial
d. Spa

Rincian tersebut merupakan asumsi awal yang biasanya digunakan oleh para calon pengusaha salon kecantikan, dan digunakan sebagai pertimbangan berapa besarnya dana yang dibutuhkan usaha membuka usaha salon kecantikan ini.
Diantara keempat produk jasa diatas yang paling sulit untuk dilakukan duplikasi adalah hari cut, karena jasa ini membutuhkan skill tersendiri, sehingga ada kecenderungan konsumen bisa puas dengan hasil hair cut bila dilayani oleh capster A tapi bisa jadi dia tidak puas dengan hasil kerja capster B.

Alat – alat yang diperlukan untuk macam jasa yang akan dijual :

a. Hair Cut atau Potong : clemek potong , rak susun barber chair/ kursi salon, clipper, sisir potong , kaca, sisir sasak, sisir bergerigi.

b. Creambath : kursi creambath, handuk , conditioner, bahan-bahan seperti shampo , cream, hair spa, vitamin, hari dryer, dengan catatan sudah termasuk kursi dan kaca.

c. Facial : masker, ozone, vacuum, favorizer, pinset, galvanic, high frequency, kaca pembesar, lampu, bad facial, handuk, kemben, dan lain sebagainya.

d. Spa : bath tub, home sauna, meja lulur, handuk, kimono, bahan-bahan aromaterapi, dan lain sebagainya.

2. Segmen apa yang akan Anda garap

Untuk memiliki salon dengan berkelas mewah misalnya, kita bisa membuat dekorasi yang berkesan mahal. Biasanya sebuah salon yang terlihat berkelas bisa dilihat dengan banyaknya mobil yang parkir di depan salon tersebut.

3. Miliki keunikan

Jika ingin berbeda dari salon-salon kecantikan yang ada, salon Anda harus memiliki keunikan tersendiri. Sehingga mempunyai ciri khas tersendiri. Apakah keunikan itu? Berkreasi menciptakan sebuah keunikan versi Anda. Apa saja unsur keunikan itu :

a. Sebuah penemuan baru. Misalnya menemukan formula baru dari bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk kesehatan, dan belum pernah ada di salon kecantikan yang lain.
b. Kecanggihan dan kelengkapan alat. Semakin lengkap dan canggih alat-alat yang Anda gunakan , itu juga menjadi daya tarik tersendiri untuk salon kencatikan Anda.

4. Utamakan pelayanan

Karena membuka usaha salon kecantikan merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa, maka Anda harus benar-benar memberikan pelayanan yang cukup memuaskan untuk konsumen pemakai jasa kita. Salah satu kunci lain agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan adalah kemampuan intra personal yang bagus.

5. Bikin membership.

Membership merupakan sebuah solusi atau cara yang paling mudah untuk mengikat konsumen agar selalu datang ke salon kita. Aneka promo bahkan diskon bisa diberikan kepada member salon Anda.

6. Franchise Salon

Jadi untuk membuka usaha sebuah salon kecantikan ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, beberapa poin di atas adalah tips singkat bagaimana kita membuka usaha salon kecantikan.

Speak Your Mind

*