Tips Membuka Usaha Toko Kelontong

Toko Kelontong adalah salah satu bisnis yang saat ini banyak di lirik oleh para pebisnis baru. Membuka bisnis toko kelontong tidak perlu modal yang cukup besar dan keahlian khusus namun cukup menjanjikan karena fokusnya adalah penyediaan barang-barang kebutuhan rumah tangga seperti : sembako, alat tulis kantor, serta beberapa perabot rumah tangga lainnya.

Walaupun saat ini sudah banyak minimarket yang berdiri, namun keberadaan toko kelontong tidak surut karena bisnis ini bisa menjangkau tempat yang tidak terjangkau oleh minimarket seperti di perkampungan-perkampungan, gang-gang kecil yang target pasarnya adalah tetangga dan orang di lingkungan sekitar.  Membuka usaha toko kelontong ini cocok sekali untuk Anda yang ingin fokus berada di rumah sekaligus bisa mengurus keluarga.

Bagi setiap orang memulai bisnis seperti membuka toko kelontong menjadi impian yang menggebu, namun tidak sedikit juga yang mengalami keraguan dalam memulainya. Berikut ada beberapa tips membuka usaha toko kelontong :

  • Pilih lokasi yang strategis, usahakan tidak terlalu dekat jarak dengan toko kelontong atau minimarket lainnya karena bisa mendatangkan persaingan yang tidak sehat.
  • Buatlah tempat yang menarik. Anda bisa menggunakan bagian dari rumah Anda seperti garasi atau teras rumah bahkan halaman rumah Anda untuk menekan biaya modal awal.
  •  Gunakan etalase dan susun lah barang-barang dagangan semenarik mungkin. Besarnya etalase dapat Anda perkirakan dari berapa banyak barang yang akan Anda jual.
  • Dapatkan agen atau distributor barang yang lebih murah dan berkualitas.  Anda disarankan untuk mensurvey sendiri beberapa agen atau distributor. Yang perlu Anda ingat adalah jangan terjebak dengan harga murah, kualitas tetap nomor satu.
  • Susunlah daftar barang yang akan disediakan di toko kelontong Anda dan buatlah prioritas barang mana yang akan cepat laku dijual maka Anda harus mempunyai stok yang lebih banyak.
  • Selalu cek ketersediaan barang agar stok selalu tersedia.
  • Komitmen Anda sebagai pebisnis. Selalu datang ke toko dan melayani pelanggan dengan ramah. Walaupun Anda sudah mempunyai karyawan yang membantu, Anda tetap harus berada di toko dan melayani pelanggan, karena pada dasarnya pelanggan lebih suka dilayani oleh si pemilik toko.

Semoga dengan tips diatas dapat memudahkan Anda untuk membuka usaha toko kelontong. Selamat mencoba.

Speak Your Mind

*