Tips Memilih Supplier Untuk Bisnis Online

Kemajuan teknologi dan internet membuka peluang baru untuk menekuni bisnis online yang sedang marak saat ini, salah satunya adalah membuka toko online. Salah satu keuntungan membuka toko online adalah pebisnis tidak perlu mempunyai atau menyewa bangunan nyata untuk menggelar dagangannya. Dengan hanya berbekal koneksi internet dan website/blog/akun di jejaring sosial saja, bisnis toko online sudah bisa dijalankan.

Berbicara tentang bisnis toko online tentunya tidak bisa dilepaskan dari produk yang dijualnya. Kualitas dan ketersediaan produk tentunya menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk melakukan transaksi pembelian. Kualitas dan ketersediaan produk ini tidak akan menjadi masalah bila pebisnis online sekaligus merangkap sebagai produsennya. Bagi pemilik toko online murni, tentunya akan mengandalkan pada pihak supplier sebagai pemasok produk. Oleh karena itu, pebisnis online harus pandai-pandai memilih supplier yang tepat bagi perkembangan bisnis onlinenya.


Tips Memilih Supplier Untuk Bisnis Online

Pertama, cari tahu kapasitas produksi dan ketersediaan produk dari supplier. Supplier yang baik memiliki kapasitas produksi dan ketersediaan produk yang stabil. Pastikan supplier Anda dapat memenuhi pesanan Anda sewaktu-waktu.

Kedua, ketahui seberapa tinggi tingkat keterpercayaan atau kredibilitas supplier. Tingkat keterpercayaan ini bisa dilihat dari testimoni maupun referensi yang diberikan oleh konsumen lain. Tingkat kepercayaan juga dapat dilihat dari seberapa lama supplier bergerak di bidang tersebut.

Ketiga, baca dan pahami dengan baik kebijakan supplier. Hal ini terkait dengan garansi/jaminan produk, retur produk, dan sistem pengiriman produk. Pastikan kebijakan yang diberlakukan supplier tidak merugikan Anda.

Keempat, mintalah contoh produk. Dengan meminta contoh produk, selain dapat mengetahui kualitas produk yang ditawarkan juga dapat mengecek seberapa lama proses pengiriman barang, kualitas pengemasannya, dan seberapa baik kinerja staf layanan pelanggannya.

Kelima, sebisa mungkin memilih supplier yang lokasinya dekat dengan domisili Anda. Hal ini akan mempermudah Anda untuk menemui supplier secara langsung bila ada hal-hal mendesak yang perlu dibicarakan.

Keenam, bergabunglah dengan grup bisnis di jejaring sosial atau pun di portal perniagaan. Salah satu keuntungan bergabung dengan grup bisnis tersebut adalah memperkecil kemungkinan terjebak oleh supplier penipu.

Ketujuh, Pilih supplier yang mudah untuk di hubungi. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memesan secara tidak langsung, seperti melakukan pemesanan melalui telfon, fax, email bahkan melalui instant messaging seperti yahoo messenger, Gtalk dan lainnya. Waktu Anda pun tidak akan terbuang percuma dengan mendatangi pihak supplier, Sehingga lebih efisien apabila Anda ingin menginformasikan akan meretur produk karena adanya kekurangan jumlah bahkan cacat produk.

Jadi, Sudah siapkah memilih supplier untuk bisnis online Anda ?

 

Speak Your Mind

*