Tips Memulai Bisnis Konveksi Rumahan

Anda hobi mendesain pakaian? Anda juga ingin berbisnis dengan penghasilan yang lumayan besar? Gabungkan keinginan dan hobi Anda ini dengan cara berbisnis konveksi. Tak perlu risau, bisnis ini bisa dilakukan di rumah. Mau tahu seperti apa caranya? Simak tips memulai bisnis konveksi rumahan berikut ini.

  • Hal pertama yang menjadi tips memulai bisnis konveksi rumahan tentu saja adalah membuat business plan. Buat business plan ini secara detil. Mulai dari cara mendapatkan modal awal, membeli perlengkapan konveksi, merekrut karyawan, membeli bahan baku, membuat desain, memproses, packing, menjual, analisis-untung rugi, analisis kompetitor, promosi, hingga solusi jika permasalahan datang.
  • Cari modal sebagai modal awal berbisnis konveksi rumahan ini. Modal bisa didapat dari diri sendiri atau pun kredit.
  • Jika modal sudah di tangan, perlengkapan konveksi seperti mesin jahit, mesin obras, gunting, meteran, benang, resleting segera dilengkapi sesuai kebutuhan. Lalu saatnya Anda merekrut karyawan.
  • Ketika karyawan sudah direkrut, buatlah desain pakaian. Desain pakaian bisa dibuat dengan melihat tren pasar yang sedang terjadi atau pun membuat desain sendiri. Desain yang mengikuti tren pasar mungkin lebih aman karena produk Anda ada pasarnya. Akan tetapi di sini, harga jual harus bersaing dengan kompetitor. Jika desain menurut keinginan Anda sendiri, berarti Anda menciptakan pasar yang baru. Hal ini bagus akan tetapi pembeli masih belum jelas. Pertimbangkan dengan benar masalah ini. Jangan sampai modal Anda terjebak dalam barang yang menumpuk dan tidak laku atau Anda merugi karena menjualnya dengan harga murah dengan prinsip asal menjadi uang. Jangan lupa untuk menyesuaikan desain dengan target pasar/pembeli yang Anda bidik.
  • Jika desain sudah ok, saatnya Anda berbelanja bahan. Pastikan bahan ini sesuai dengan desain yang Anda buat dan target pasar yang Anda bidik.
  • Setelah bahan siap, potong sesuai desain dengan jumlah yang sudah dipertimbangkan. Kemudian proses jahit menjahit dilakukan oleh karyawan tetapi harus Anda pantau secara langsung agar tidak terjadi kesalahan desain.
  • Setelah semua siap, setrika, tidak lupa beri label baju dan ukuran untuk masing-masing pakaian yang sudah selesai, packing pakaian yang sudah jadi dalam kemasan. Biasanya kemasan plastik transparan. Barang-barang pun siap dipasarkan.
  • Dalam memasarkan barang, pastikan harga barang bersaing dengan barang sejenis tapi tetap harus ada keuntungan yang bisa menutupi biaya produksi.
  • Jika ingin menjangkau konsumen yang jauh bahkan hingga ke luar negeri, buatlah toko online. Agar bonafid dan terpercaya, buat toko online dengan domain berbayar.
  • Buat program yang bisa mempromosikan produk konveksi Anda. Misalnya saja dengan mengikuti bazzar, promosi melalui media cetak, stiker dan brosur.

Itulah beberapa di antaranya tips memulai bisnis konveksi rumahan yang mungkin memberi Anda inspirasi. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Speak Your Mind

*