Tips Memulai Usaha Toko Obat dengan Modal Kecil

Banyak orang yang mau mencoba peruntunganya dengan membuka bisnis dengan modal yang kecil. tetapi kadang masih bingung dan tidak tahu akan mencoba membuka bisnis apa dengan modal yang kecil tersebut. Bisnis toko obat ternyata bisa dijalankan walaupun dengan modal yang kecil.

Bagi yang berjiwa bisnis, berikut ini adalah tips memulai usaha toko obat dengan modal kecil yang bisa dilakukan. Pastikan tahap demi tahapnya dikerjakan dengan sebaik-baiknya.

  1. Langkah pertama tips memulai usaha toko obat dengan modal kecil adalah mengontak lembaga kesehatan (seperti misalnya departemen kesehatan) yang dekat dengan tempat dimana akan membuka usaha. Hal ini dimaksudkan agar bisa memperoleh izin usaha dari lembaga tersebut. Dan tentu saja agar toko tersebut  harus mempunyai legalitas dan berbadan hukum karena barang dagangan nantinya memegang peran dalam kesehatan dan kehidupan orang banyak.
  2. Cari informasi-informasi dasar mengenai pasar yang akan dimasuki. Misalnya saja mengenai pelayanan dan produknya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menganalisis toko lain atau dengan mencarinya lewat internet. Konsep penentuan harga juga bisa didapat dari informasi-informasi ini.
  3. Setelah mengetahui informasi-informasi dasar, tentukan pelayanan dan produk-produk yang akan diberikan dalam bisnis toko obat tersebut. Misalnya saja kerjasama dengan dokter untuk membuka klinik di dekat toko obat yang akan dibangun.
  4. Buat hubungan dengan perusahaan-perusahaan obat. Hal ini tentu saja terkait dengan barang dagangan yang berupa obat-obatan. Berhubungan langsung dengan perusahaan-perusahaan obat akan bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Dengan demikian harga di toko obat yang baru dibangun nantinya bisa bersaing dengan harga di toko obat lainnya.
  5. Buat kerjasama dengan berbagai pihak. Misalnya saja dengan situs-situs yang ‘lalu-lintasnya’ padat, agen property, atau pun yang lainnya. Pihak-pihak ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk beriklan.
  6. Buat business plan atau rencana bisnis secara lebih detil. Isinya mulai dari dana awal usaha, pekerja, barang dagangan, cara beriklan, penentuan harga, distribusi barang, dan lain-lain. Pembuatan rencana bisnis yang detil bisa meminimalkan berbagai risiko.
  7. Gunakan rencana bisnis yang sudah dibuat untuk meminjam dana. Misalnya saja ke bank. Surat rekomendasi dari badan tertentu (misalnya departemen kesehatan yang ada di wilayah tempat usaha) akan memperkuat dan memudahkan ajuan kredit.
  8. Buat catatan obat-obat dan formula yang akan dijual. Pastikan semuanya lengkap dengan deskripsinya. Misalnya obat generik, obat khusus, obat leter tertentu, obat resep dokter, dan lain-lain.
  9. Buat iklan kecil-kecilan. Bisa berupa pamflet, brosur, atau iklan dari mulut ke mulut tentang promo toko obat yang baru di didirikan.
  10. Pekerjakan orang-orang yang tahu mengenai obat-obatan. Misalnya  lulusan sekolah farmasi/kesehatan. Sebelum dipekerjakan, buat training kecil-kecilan kepada para pekerja agar visi dan misi dari toko obat yg dibangun bisa sama dan dipahami oleh para pekerja. Berikan  handbook mengenai produk dan layanan bisnis kepada para pekerja.
  11. Setelah semua terkontrol, toko obat siap untuk dibuka.

Itulah di antaranya tips memulai usaha toko obat dengan modal kecil. Semoga bermanfaat.

 

/li

Speak Your Mind

*