Tips Sukses Memulai Bisnis Rumah Kontrakan

Bisnis rumah kontrakan merupakan investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Namun, diperlukan perhitungan yang matang agar keuntungan yang didapat sesuai dengan harapan. Jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis rumah kontrakan, tidak ada salahnya Anda mengikuti beberapa tips sukses memulai bisnis rumah kontrakan berikut ini :

  1. Mulai Proses Pencarian
    Carilah properti yang ingin digunakan sebagai rumah kontrakan sesuai dengan “keperluan” Anda. Jika ingin mengurusnya sendiri, maka pilihlah lokasi yang dekat dengan rumah tinggal Anda. Jangan terlalu cepat memutuskan properti mana yang ingin Anda gunakan sebagai rumah kontrakan, pertimbangkan dengan matang agar tidak menyesal di kemudian hari.
  2. Lingkungan
    Pilih lingkungan yang sesuai dengan target yang diinginkan. Jika targetnya adalah mahasiswa, maka pilih lokasi rumah kontrakan di daerah kampus. Tapi jika menginginkan pegawai atau karyawan sebagai target, maka pilihlah lingkungan yang dekat dengan pabrik atau perusahaan.
  3. Sekolah
    Penyewa kontrakan biasanya telah memiliki anak atau suatu saat akan memiliki anak. Untuk itu, ada baiknya memilih lokasi yang dekat dengan sekolah. Pastikan kualitas sekolah tersebut karena akan mempengaruhi harga sewa. Semakin bagus kualitas sekolah maka semakin tinggi harga sewa rumah kontrakan Anda.
  4. Tingkat Kejahatan
    Pastikan tindak kejahatan di daerah rumah kontrakan Anda rendah. Hal ini bisa diketahui dengan bertanya ke kantor polisi terdekat atau browsing di internet.
  5. Lapangan Kerja
    Lokasi rumah kontrakan yang dekat dengan pabrik atau perusahaan yang mempunyai  tingkat lapangan pekerjaan tinggi, tentu akan banyak menarik minat penyewa. Pantau perkembangan dan rencana ekspansi perusahaan-perusahaan besar karena Anda bisa memulai bisnis ini di kawasan tersebut.
  6. Sarana Umum
    Pastikan rumah kontrakan Anda dekat dengan berbagai sarana umum, seperti mall, bioskop, taman, transportasi dll.
  7. Harga Sewa
    Menentukan harga sewa yang sesuai sangat penting dalam bisnis ini. Survei harga sewa rumah kontrakan di daerah tersebut. Lakukan perhitungan yang matang, sesuaikan dengan pengeluaran yang Anda perlukan dalam menjalankan bisnis ini.
  8. Asuransi
    Jika daerah rumah kontrakan Anda merupakan daerah yang rawan bencana alam, maka tidak ada salahnya jika mengasuransikan rumah kontrakan Anda.

Dengan mengikuti tips sukses di atas, diharapkan Anda akan lebih mudah dan yakin saat akan memulai bisnis rumah kontrakan ini.

Speak Your Mind

*